Saturday 25 June 2016

Mengenal FlowComp


Di dalam dunia oil & gas, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah FlowComp. FlowComp adalah kependekan dari Flow Computer yaitu sebuah device elektronik yang fungsi utamanya  adalah untuk kalkulasi flow (Aliran). Flow yang dihitung ini bisa berupa fluida liquid (cair) maupun fluida gas. Dari hasil kalkulasi flow ini, nantinya dapat diperoleh fungsi turunannya, yaitu antara lain; control, data host, alarming dan reporting.

Keberadaan FlowComp di dalam dunia oil & gas sangatlah penting, apalagi untuk kebutuhan custody transfer (proses pemindahan produk untuk perdagangan atau transaksional dan mensyaratkan akurasi yang tinggi). Untuk itu, beberapa syarat di bawah ini harus dipenuhi.
  • Multistream Application. 
  • Kalkulasi harus mengikuti standar seperti AGA, ISO, dll. 
  • Mempunyai kemampuan data komunikasi untuk SCADA. 
  • Kemampuan menyimpan data sampai pada batas waktu tertentu. 
  • Mudah dikonfigurasi. 
  • Dapat dioperasikan di remote area. 
  • System redundant double stream
  • Komunikasi digital yang fleksibel dan mudah diimplementasikan pada berbagai macam protokol komunikasi dan divice seperti ultrasonic flow meters, gas chromatograph, HART transmitter dll 

Seiring perkembangan jaman, teknologi FlowComp ini juga berkembang. fitur yang dimiliki FlowComp semakin berkembang. Setiap produk memberikan kelebihannya masing – masing. Beberapa produk yang terkenal adalah FloBoss milik Emerson, Omni Flowcomp, Flow-X dari SpritIT / ABB dan lain sebagainya.Walaupun banyak brand namun untuk prinsip kerja dalam kalkulasi secara umum sama , yaitu menggunakan standard yang disesuaikan dengan flowmeter yang akan digunakan, seperti AGA 3 untuk orifice flow meter, AGA 7 untuk tubine meter, AGA 10 untuk Ultrasonic flow meter.

FlowComp Diagram Koneksi dengan beberapa Device

Sekian dulu perkenalan tentang FlowComp, Semoga dengan perkenalan singkat ini kita jadi tahu apa itu FlowComp dan aplikasinya. 



Artikel menarik lainnya :

Nizar Aditya

About Nizar Aditya

I'm an Engineer, Writer and Dreamer

1 komentar:

Write komentar