Wednesday 23 December 2015

Energi

Pengertian

Seringkali kita mendengar istilah energi dalam kehidupan sehari - hari. Lalu apa sebenarnya energi itu?

Energi yang sering kita dengar itu merupakan serapan dari kata energy dalam bahasa inggris. Tetapi sebenarnya, kata energy dalam bahasa inggris tersebut merupakan serapan dari bahasa energia yang berarti kegiatan atau aktifitas. Sedangkan energia dalam bahasa yunani sendiri terdiri dari dari dua kata yatu en yang berarti dalam dan ergon yang berarti kerja. Dari istilah tersebut, secara umum arti energi secara istilah adalah suatu kemampuan untuk melakukan usaha atau pekerjaan.

Secara istilah sudah kita dapatkan apa yang dimaksud dengan energi. Lalu, energi itu seperti apa, Bentuknya bagaimana dan rasanya bagaimana?

Nah, itu yang kita akan bahas selanjutnya.


Bentuk Energi

Secara umum, energi tidak bisa digeneralisir bentuk dan rasany. Hal ini dikarenakan energi mempunyai bentuk yang macam - macam, tergantung sumber energinya. Berikut macam - macam energi tersebut :

1. Energi kalor atau panas
bentuk energi panas
Energi panas berasal dari banyak sumber seperti listrik, kompor dan radiasi matahari. Pemanfaatannya pun juga beragam, mulai dari memanaskan air, menyetrika, mengeringkan baju bahkan dimanfaatkan untuk pembangkit listrik. Kalau bicara soal bagaimana rasanya, anda bisa meletekkan tangan anda di atas kompor atau setrika. Mungkin anda ingin mencoba merasakan energi kalor? Kalau saya cukup merasakan manfaatnya saja.

2. Energi cahaya
Solar panel penangkap foton dari matahari
Sumber energi cahaya yang paling besar adalah matahari. Makhluk yang paling banyak memanfaatkan energi ini adalah tumbuhan. Tumbuhan memanfaatkan energi cahaya dari matahari untuk memmasak bahan anorganik menjadi bahan organik. Proses ini dikenal dengan fotosintesisn. Belakangan, manusia mulai memanfaatkan cahaya matahari sebagai sumber energi alternatif. Bukan untuk berfotosintesis. Bukan juga dimanfaatkan secara konvensional seperti menjemur, karena menjemur hanya memanfaatkan energi panasnya bukan cahayanya. Lebih dari itu, manusia mengambil foton (partikel cahaya) matahari untuk diubah menjadi energi listrik. Alat ini untuk memanen cahaya ini disebut dengan photovoltage/solar cell/ solar panel. Banyak memang penyebutannya. Tetapi yang jelas alat itu berguna untuk mengambil energi cahaya matahari kemudian diubah menjadi energi listrik.

3. Energi kinetik
Energi kinetik
Energi kinetik adalah energi yang yang dihasilkan oleh benda yang bergerak. Banyak contoh dari energi kinetik ini. Contoh yang paling sederhana adalah angin yang bergerak menghasilkan kerja untuk kapal layar. Kapal layar bergerak berkat adanya angin yang berhembus dan ditangkap oleh layar dari kapal tersebut. Contoh lain adalah aliran air atau air terjun yang dimanfaatkan untuk memutar turbin. Turbin kemudian akan memutar generator listrik. Dari generator listrik inilah listrik dapat dibangkitkan.

4. Energi potensial
Buah yang menggantung menyimpan energi potensial
Energi potensial adalah energi yang didapat karena kedudukannya atau letak benda tersebut. Sebagai contoh sebuah apel yang tergatung di pohon memiliki energi potensial karena adanya grvitasi dari bumi. Ada pula pegas dan busur panah juga bisa disebut energi potensial ketika belum dilepaskan,

5. Energi nuklir (Baca lebih lengkap)
Bom nuklir, betapa dahsyat energinya
Energi nuklir adalah energi yang dihasilkan oleh reaksi fusi atau fisi. Reaksi fisi dan fusi adalah reaksi yang terjadi pada atom. Reaksi fisi adalah reaksi pembelahan sebuah atom, biasanya uranium. Reaksi pembelahan atom ini menghasilkan energi yang luar biasa. Masih ingat kan bagaimana kota hiroshima dan nagasaki luluh lantah karena bom atom? Karena energinya yang luar biasa ini, maka sekarang banyak dimanfaatkan untuk pembangkit listrik di beberapa negara. Selain itu, emisi dari energi nuklir lebih bersih daripada nahan bakar fosil asal penanganannya tepat.

Bagaimana dengan fusi?
Sampai sekarang manusia belum mampu membangkitkan reaksi ini. Reaksi ini hanya bisa terjadi di matahari dan bintang lainnya. Kebalikan dari reaksi fisi yang berupa pembelahan atom, reaksi fusi adalah reaksi yang sebaliknya. Reaksi ini merupakan reaksi penggabungan. Di matahari, reaksi ini menggabungkan atom - atom hidrogen. Energi yang dihasilkan oleh reaksi fusi lebih besar dari reaksi fisi. Jika manusia mampu mencipatakan reaksi fusi, mungkin dunia akan segera meninggalkan bahan bakar fosil.

5. Energi bunyi
Bunyi adalah salah satu bentuk energi
Bunyi juga merupakan bentuk energi. Pada saat musim hujan sering mendengar halilintar menggelegar bukan? Bagaimana kaca di rumah anda? Pasti ikut bergetar kan? Tidak perlu dijelaskan lagi kalau bunyi merupakan sebuah bentuk energi.

6. Energi kimia
Minyak sebagai energi kimia
Minyak adalah komoditi yang paling diributkan di dunia ini. Ketika harganya melambung, orang - orang bakalan panik. Begitu besarnya manusia bergantung dengan yang namanya minyak. Sebagian besar kendaraan di dunia masih menggunakan minyak. Pabrik - pabrik menggunakan minyak. Kapal dan pesawat juga masih menggunakan minyak. Bahkan pembangkit listrik juga masih banyak menggunakan minyak. Dari uraian di atas, dapat disimpulkan minyak adalah sumber energi. Minyak adalah salah satu bahan kimia, maka dari itu minyak termasuk energi kimia. Seperti yang sudah saya uraikan di atas, banyak sekali yang memanfaatkan energi kimia untuk sumber energinya.

7. Energi otot
Energi otot manusia
Manusia telah diengkapi dengan perangkat untuk melakukan kerja walaupun tanpa bantuan alat apapun. Perangkat ini disebut denga otot yang tesebar di seluruh tubuh. Energi otot ini diperole dari energi kimia yang dimakan manusia yang berupa karbohidrat.

8. Energi listrik
Transmisi listrik
Energi listrik adalah energi yang muncul akibat adanya perpindahan muatan listrik. Seperti yang telah banyak saya singgung di atas, beberapa energi di atas dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik. Kelebihan dari energi listrik adalah mudah diubah menjadi bentuk yang lain. Selain itu, mentransmisikan energi listrik lebih mudah daripada memindahkan bentuk energi lain. Karenanya, energi listrik banyak dimanfaatkan untk membantu memenuhi kebutuhan manusia.


Dari beberapa bentuk energi di atas, kita tidak bisa langsung begitu saja merasakan kehadiran energi terebut. Tetapi kita bisa merasakan kehadirannya setelah dimanfaatkan.


Satuan energi

Seperti bentuk besaran fisis yang lain, pasti energi mempunyai satuannya sendiri. Tak hanya satu, energi memiliki beberapa satuan antara lain seperti di bawah ini

1. Joule
Diambil dari nama seorang ilmuan asal inggris James Presscot Joule, satuan ini adalah satuan energi paling diakui si seluruh dunia. 1 Joule mewakili energi yang dibutuhkan untuk memindahkan 1 newton benda sejauh satu meter atau energi absolut yang dibutuhkan untuk mengangkat 1 kg benda (diatas permukaan bumi) setinggi sepuluh sentimeter.

2. Elektronvolt (eV)
Elektrovolt merupakan satuan energi untuk energi dalam jumlah yang sangat kecil. Satu eV didefiniskan sebagai seorang energi yang dibutuhkan sebuah elektron tunggal yang tidak terikat untuk melalui beda potensial. Satuan eV ini hanya dipakai untuk bidang fisika nuklir, atomik dan partikel

3. British Thermal Unit (BTU)
Dari namanya, satuan ini juga bukan merupakan satuan internasioanl (SI). Satuan ini hanya umum digunakan di Inggris dan Amerika serikat untuk satuan pendingin dan pemanas. Satu BTU didefinisikan sebagai energi yang dumibutuhkan untuk meningkatkan 1 pound (454 gram) air sebesar satu derajat Fahrenheit

4. Kilo Watt Hour (kWH)
Kilo Watt Hour atau Kilo Watt Jam dipakai untuk menghitung energi yang dipakai oleh komponen elektronik. 1 Watt Hour setara dengan 3600 joule. Jadi 1kWH setara dengan 3.000.000 joule.

5. Kalori
Satuan kalori adalah satuan energi untuk kalor atau panas dan energi kimia. Seperti kita tahu bahwa makanan a mempunyai kalori sekian kalori. 1 kalori ini setara dengan 4,2 joule.


Hukum Kekekalan Energi

Seperti yang telah saya sebutkan di atas pada bentuk - bentuk energi. Secara tidak langsung kita telah mengetahui bahwa energi dapat diubah - ubah dalam bentuk yang lain seperti kutipan hukum kekekalan energi di bawah ini

"Energi tidak dapat dimusnahkan atau diciptakan, tetapi energi hanya bisa diubah ke bentuk energi lainnya"


Itulah tadi sedikit tentang energi. Semoga bermanfaat.


Artikel menarik lainnya :

Nizar Aditya

About Nizar Aditya

I'm an Engineer, Writer and Dreamer

2 komentar

Write komentar
icang
AUTHOR
23 December 2015 at 21:29 delete

Energi cinta & kasih sayang nggak juga Kak ?

Reply
avatar
Nizar Aditya
AUTHOR
24 December 2015 at 06:11 delete

iya dek icang nanti di upadate. Sering - sering mampir saja kesini

Reply
avatar