Friday 8 January 2016

Teknologi 5G

Hanya lima tahun setelah smartphone 4G pertama menekan pasar, industri nirkabel sudah mempersiapkan 5G.

Pembuat chip smartphone dan peralatan jaringan utama telah bekerja untuk mengembangkan teknologi jaringan 5G. Lalu apa itu 5G?

Generasi teknologi nirkabel
"G" di 3G, 4G dan 5G merupakan singkatan dari "generasi." Jadi 5G akan menjadi generasi kelima dari teknologi jaringan nirkabel.

Standar untuk 5G belum ditetapkan. Menurut Bill Smith, presiden AT & T (T, Tech30) operasi jaringan, 5G kemungkinan akan ditetapkan pada tahun 2018, dan standar untuk 5G akan dikodifikasikan sekitar tahun 2019 oleh-standar Persatuan Pengaturan International Telekomunikasi yang merupakan sebuah cabang dari PBB. Standar ini akan menentukan sebuah teknologi nirkabel dapat disebut "5G," serta harus mencakup apa saja karakteristiknya dani seberapa cepat itu akan transmisi datanya.

Namun, kita mungkin bisa untuk membuat tebakan tentang bagaimana teknologi 5G akan terlihat seperti didasarkan pada eksperimen beberapa industri nirkabel dengan teknologi 5G ini.

Berikut perbandinganya : 5G akan lebih cepat, lebih cerdas dan membutuhkan power yang lebih sedikit dari 4G. 5G akan membiarkan kita memiliki smartphone lebih cepat, lebih ramah dengan perangkat pintar-rumah dapat dipakai lebih tahan lama.


Akan seberapa cepatkah 5G?

Perbandingan 4G dan 5G
5G memiliki potensi untuk menawarkan kecepatan hingga 40 kali lebih cepat daripada 4G - cukup cepat untuk streaming "8K" video dalam 3-D atau men-download film 3-D hanya sekitar 6 detik (pada 4G itu akan membutuhkan waktu sekitar 6 menit).

Sayangnya bagi konsumen, ada perbedaan antara percobaan di laboratorium dan realitas. Kecepatan puncak dapat diimpikan sangat cepat, tetapi di dunia nyata, kecepatan sebenarnya jauh lebih lambat dari yang dijanjikan.

Nokia (NOK), salah satu pemain terbesar 5G, percaya bahwa teknologi 5G yang akan memungkinkan untuk mencapai kecepatan di dunia nyata sekitar 100 Megabits per detik ketika jaringan yang paling padat. Itu setara sekitar empat kali lebih cepat dari kecepatan tertinggi 4G saat ini.

Karakteristik lain dari 5G adalah bahwa hal itu akan memiliki latency yang sangat rendah, yang berarti bahwa secara drastis dapat mengurangi jumlah waktu yang diperlukan untuk jaringan untuk merespon perintah Anda. Hal itu bisa memberikan tampilan lebih cepat untuk loading website, aplikasi, video dan pesan. 


Bagaimana cara kerja 5G?

Banyak perusahaan nirkabel '5G eksperimen pada rentang frekuensi super-tinggi , pada frekuensi 73.000 MHz. Sekedar informasi, jaringan telepon seluler saat ini menggunakan sinyal dalam kisaran 700 MHz sampai 3.500 MHz.

Keuntungan dari sinyal frekuensi tinggi adalah bahwa mereka mampu memberikan kecepatan data secara signifikan lebih cepat. Kerugiannya adalah bahwa mereka melakukan perjalanan jarak yang lebih pendek dan tidak bisa dengan mudah menembus dinding. Itu berarti akan ada ribuan bahkan mungkin jutaan menara sel mini atau "sel kecil" yang akan perlu ditempatkan di atas setiap tiang lampu, setiap bangunan, di dalam setiap rumah dan berpotensi setiap kamar.

Itu sebabnya 5G mungkin melengkapi 4G, daripada langsung menggantinya. Di gedung-gedung dan di daerah ramai, 5G mungkin dapat diterapkan. Tetapi ketika Anda mengemudi di jalan raya, 4G bisa menjadi satu-satunya pilihan Anda, setidaknya untuk sementara waktu.


Kapan 5G hadir?

Tak satu pun dari pertanyaan-pertanyaan ini akan dijawab dalam waktu dekat. Konsensus industri adalah bahwa hal itu akan berjalan 5G percobaan di Korea Selatan selama Olimpiade Musim Dingin 2018, dengan penyebaran massa dimulai sekitar tahun 2020.

Namun Verizon (VZ, Tech30) telah mengatakan bahwa itu bekerja pada teknologi 5G dengan tujuan membawa ke pasar lebih cepat, setidaknya 2017.




Artikel menarik lainnya :

Nizar Aditya

About Nizar Aditya

I'm an Engineer, Writer and Dreamer