Sunday 22 November 2015

Flowchart

Flowchart atau diagram alir dalam bahasa indonesia adalah digram yang mengambarkan runtutan sebuah kegiatan dari awal hingga akhir mengenai suatu langkah – langkah dalam menyelesaikan suatu masalah.

Umumnya, diagram alir ini digunakan programmer dalam membuat sebuah program. Dengan membuat flowchart ini membantu programmer berfikir logis terhadap program yang dibuatnya.

Sebenarnya, tidak hanya programmer saja yang bisa memanfaatkan flowchart dalam menyelesaiakn permasalahannya. Anda bisa menerapkan penyelesaian masalah dengan flowchart dalam kehidupan sehari – hari.

Flowchart terdiri dari beberapa simbol yang masing – masing merepresentasikan suatu kegiatan tertentu. Flowchart diawali dengan penerimaan input dan diakhiri penampilan output.


Simbol – simbol flowchart

Input

Simbol input digambarkan dengan bangun jajar genjang. Simbol ini digunakan untuk menggambarkan penerimaan input. Kegiatan input dapat dituliskan di dalam bangun jajar genjang tersebut. Biasanya jika terdiri banyak input, semuanya dituliskan dalam satu simbol input atau data ini karena efisiensi.

Proses

Simbol Proses digambarkan dengan sebuah persegi panjang. Dalam sambol ini dapat dituliskan operasi atau kegiatan pemrosesan input. Pada simbol ini dapat dituliskan kegitan yang dilakukan secara satu persatu maupun langsung semuanya. Tapi untuk lebih memudahkan berfikir lagisnya lebih baik dituliskan satu persatu.

Percabangan

Dengan simbol belah ketupat kegiatan percabangan digambarkan. Percabangan adalah pemeriksaan suatu kegiatan proses yang telah dilewati. Hasil dari pemeriksaan adalah Yes atau No. Boleh juga dengan bahasa Indonesia Ya atau Tidak. Jika pemeriksaan menghasilkan keadaan benar, maka jalur yang dilalui adalah jalur yang berlabel Yes. Jika pemerikasaan menghasilkan keadaan salah, maka jalur yang dipilih adalah jalur yang berlabel No. Biasanya Jalur yang berlabel Yes akan lurus ke bawah melanjutkan proses selanjutnya sedangkan yang berlabel No akan kembali ke proses yang diperiksa tersebut.

Mulai / Selesai

Simbol yang digunakan ini adalah seperti itu. Saya tidak tahu bangun apa itu. Kalau elips atau oval tidak seperti ini. Pokoknya seperti gambar tersebut. Simbol ini sering disebut juga dengan terminator karena digunakan untuk mengawali dan mengakhiri suatu flowchart.

Garis Alir

Flow Lines atau garis alur digambarkan dengan anak panah. Simbol ini digunakan untuk menghubungkan setiap langkah dan mengetahui kemana arah langkahnya.

Prosedur / Sub Proses

Simbol di atas adalah simbol prosedur. Sismbol ini berdiri sendiri di loar flow chart utama. 

Konektor
Konektor On-page
Konektor Off-page
Seperti gambar di atas, konektor digambarkan dengan dua tipe simbol. Simbol yang pertama adalah lingkaran menggambarkan konektor On-page. Konektor on-page adalah untuk menghubungkan flowchart dalam satu halaman. Simbol satunya adalah simbol untuk menggambarkan konektor off-page, yaitu simbol untuk menghubungkan flowchart dari halaman yang berbeda. 

Untuk lebih memudahkan pemahaman, saya akan memberikan contoh flowchart bagaimana membuang sampah.

Flochart cara membuang sampah
Dari Flowchart di atas dapat diterangkan bagaimna cara membuang sampah yang baik dan benar. Ketika anda punya sampah, anda harus mencari tempat sampah sampai ketemu Sebelum membuang sampahnya.

Pada saat anda punya sampah sebagai input, anda akan memprosesnya dengan mencari tempat sampah. Percabangan atau decission yang berisikan ketemu tempat sampah atau tidak adalah memeriksa dari proses sebelumnya yaitu mencari tempat sampah.

Jika anda tidak menemukan tempat sampah, maka yang anda lakukan adalah kembali ke proses sebelumnya yaitu mencari tempat sampah. Jika telah ketemu tempat sampah maka sampah boleh anda buang dan flowchart berakhir.

Dengan menerapkan cara membuang sampah seperti pada flowchart di atas, anda tidak akan pernah membuang sampah sembarangan lagi.

Demikianlah Penjelasan saya tentang flowchart. Semoga bermanfaat.



Artikel menarik lainnya :

Nizar Aditya

About Nizar Aditya

I'm an Engineer, Writer and Dreamer