Tuesday 7 June 2016

Hidup Adalah Berproses

Suatu keberhasilan, kesuksesan atau tercapainya sebuah impian atau cita – cita tak sesimpel yang terlihat. Ada proses panjang di belakangnya. 

Membuat sesuatu memang tidak mudah. Tidak ada yang instant di dunia ini. Bumi dari awal terbentuk sampai sampai bisa dihuni manusia butuh proses jutaan tahun. Sesorang yang ingin makan pun juga butuh proses. Bahkan jika mau makan mie instant sekalipun.

Proses adalah sebuah tahapan untuk merubah sesuatu. Begitu pula dengan kesuksesan. Tak ada orang yang bisa sukses atau berhasil dengan apa yang dicita - citakan dalam sekejap mata. Butuh proses yang tak singkat.

Jika ada seseorang telah sukses atau berhasil, pastilah ada proses panjang dibelakangnya. Cuma anda tidak tahu saja proses tersebut. Tahu - tahu orang tersebut sukses. Itulah yang dilihat banyak orang, enaknya saja. Bisa jadi orang yang sukses itu lebih keras hidupnya dibanding anda.

Intinya adalah nikmati proses.

Ilustrasi Proses

Pada gambar terlihat, input agar bisa menjadi output yang diinginkan, harus melalui kotak yang namanya proses. Begitu pula hidup anda, jika ingin hidup anda sesuai dengan yang anda inginkan, ikutilah prosesnya. Jangan melompat. 

Mie instant pun butuh proses

Kalau di atas saya contohkan membuat mie instant saja tidak bisa instant langsung makan, saya akan kembalikan lagi bahwa mie instant adalah sebuah makanan instant. Sesuatu yang instant tidak baik bukan?

Jika sesuatu itu diperoleh dengan cara instant alias karbitan, maka hasilnya tidak akan bertahan lama. Masih ingat kisah sinta jojo dan norman kamaru? Popularitas yang mereka peroleh secara instant akan membuat mereka hilang dari perederan juga instant pula.

Bagi yang masih berjuang menggapai apa yang dicita - citakan, teruslah berjuang. Nikmatilah semua tahapan prosesnya. Percayalah, semau yang diperoleh dengan berproses, maka akan memperoleh hasil manis dibelakang. Marilah kita sama - sama berproses dan nikmati prosesnya karena proses adalah bagian dari hidup.


Artikel menarik lainnya :

Nizar Aditya

About Nizar Aditya

I'm an Engineer, Writer and Dreamer