Friday 6 November 2015

Tips Mengatasi Insomnia


Suatu ketika anda pasti pernah mengalami yang namanya insomnia. Kalau tidak tahu apa itu insomnia, ini saya jelaskan menurut kbbi. Insomnia adalah keadaan tidak dapat tidur. Mungkin anda ingin segara tidur karena besok pagi anda harus masuk sekolah atau kerja pagi sekali. Mau gak mau anda harus segera tidur agar bisa bangun pagi.


Untuk mengatasinya, anda mungkin bisa saja menggunakan obat tidur atau obat penenang agar bisa segera tidur. Tetapi obat - obatan itu mempunyai efek ketergantungan. Jadi saya sarankan untuk tidak memakai obat - obatan pada saat tidak bisa tidur. Untuk itu saya punya tips aman agar bisa segera tidur.

1. Jauhkan Gadget
Gadget anda adalah penyumbang terbesar penyebab insomnia. Ketika anda memegang gadget pada saat mau tidur, otak anda secara bawah sadar akan memerintahkan hormon ngantuk yang disebut melatonin agar tidak keluar, sehingga ngantuk tidak akan datang. Jadi sebelum tidur kalau bisa buang jauh - jauh gadget anda. Kalau tidak bisa menjauhkan dari smartphone anda, setidaknya matikan saja paket datanya. Apalah arti sebuah smartphone tanpa paket data.

2. Olah Raga Ringan
Anda dapat pula berolah raga ringan di dalam kamar seperti sit - up atau push - up untuk sekedar mengundang lelah. Jika lelah datang, biasanya ngantuk pun juga ikut datang.

3. Membaca buku
Membaca buku juga bisa jadi cara untuk bisa segera tidur. Tetapi, bacalah buku yang temanya berat, yang susah anda pahami. Dengan seperti itu otak anda akan bekerja ekstra dengan demikian anda akan ngantuk. Pernah dengar kan beberapa orang ngantuk karena belajar matematika? Itu karena otaknya dipakai terlalu berat. Beda lagi kalau orang yang memang senang dengan matematis atau fisika, malah gak bisa tidur dia. Baca buku matematika serasa baca buku komik.

4. Menghitung Detik
Dulu ketika sering kartun sering diceritakan bahwa sebelum tidur menghitung domba agar mengantuk. Kalau anda ingin segera mengantuk, hitunglah detik jam yang berdetak. Lama - kelamaan pasti anda akan mengantuk dan kemudian tertidur. Saya tidak tahu sampai detik ke berapa anda bisa tertidur. sampai detik ke 3600 mungkin.

5. Makan
Ketika anda tidak bisa tidur, periksalah apakah perut anda sudah kenyang apa belum? Bisa jadi anda tidak bisa tidur karena lapar. Tapi saya tidak bertanggung jawab kalau anda nantinya bertambah gemuk karena makan malam - malam.

6. Menonton Film
Jangan sembarang film yang anda tonton. Pilihlah film yang menurut anda sangat membosankan. Dijamin, anda akan tertidur sebelum filmnya selesai.

7. Mendengarkan Musik
Mendengarkan musik yang temponya lambat bisa jadi jalan untuk pengantar tidur anda. Dengan memilih musik dengan tempo lambat, berarti frekuansinya juga rendah. Hal ini baik untuk memperlambat frekuensi otak agar mulai bisa tidur. Tetapi jangan diputar semalaman, karena tidak bagus juga ketika tertidur sambil mendengarkan musik. Buatlah playlist dengan beberapa lagu yang kira - kira total durasinya hanya sampai sampai awal anda tertidur.

8. Matikan Lampu
Biasakan untuk mematikan lampu anda ketika tidur. Sama seperti poin pertama, ketika lampu menyala, maka hormon melatonin atau hormon penyebab ngantuk tidak akan keluar. sehingga anda tidak bisa ngantuk.

Itulah beberapa tips dari saya untuk bisa segera tidur. Mungkin jika anda punya tips tambahan bisa anda berikan tips anda di komentar bawah. Semoga bermanfaat.



Artikel menarik lainnya :

Nizar Aditya

About Nizar Aditya

I'm an Engineer, Writer and Dreamer